Senin, 18 Juni 2012

Proposal Kerja Praktek Di PT. Bukit Asam (Persero)


PROPOSAL PRAKTEK KERJA NYATA
SISTEM TENAGA LISTRIK
DI PT. TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM (PERSERO)
Oleh :
Obil Parulian Siregar
D400080062
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Kehidupan manusia saat ini tidak bisa lepas dari peranan energi listrik. Energi listrik tersebut digunakan dan dikonsumsi untuk mengoperasikan peralatan-peralatan listrik untuk membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Energi listrik yang dapat dinikmati seperti sekarang ini berawal dari proses pembangkitan. Energi listrik dibangkitkan di pusat-pusat pembangkit, baik dengan bahan bakar minyak, air, gas, angin, batu bara, dll. Selanjutnya energi listrik akan disalurkan menggunakan sistem transmisi dan distribusi sampai ke konsumen.
Sistem pendistribusian energi listrik tidak lepas dari adanya gangguan-gangguan. Gangguan ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap memburuknya kualitas energi yang disalurkan. Gangguan tersebut juga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan sistem distribusi. Mengacu pada kebutuhan dan tuntutan kualitas energi listrik saat ini yang terus meningkat, maka diperlukan sebuah sistem manajemen yang mengatur pengoperasian pembangkit, transmisi, serta distribusi energi listrik. Hal ini diperlukan agar pembangkitan dan penyaluran energi listrik sampai ke konsumen dapat berlangsung secara optimal.
PT. Bukit Asam (Persero) Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri Pertambangan dan merupakan salah satu pemasok batubara terbaik di Indonesia. Dalam kegiatan operasionalnya, perusahaan tidak terlepas dari energi listrik. Oleh karena itu PT. Bukit Asam (Persero) Tbk sangatlah relevan sebagai tempat pelaksanaan Kerja Praktek bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta. Satuan kerja yang dipilih untuk pelaksanaan Kerja Praktek adalah satuan kerja yang berhubungan dengan Sistem Tenaga Listrik (Power System).
B.     MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
                        Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib dari jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta yang harus diikuti oleh setiap Mahasiswa sebagai syarat kelulusan, dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana ilmu yang selama ini didapatkan di bangku kuliah diaplikasikan di perindustrian.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk memenuhi salah satu mata kuliah wajib sebagai syarat bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam mencapai jenjang sarjana.
b.      Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan / implementasi  dari ilmu atau teori yang selama ini diperoleh di bangku kuliah dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan.
c.       Untuk melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta sistem yang berjalan di lapangan.
d.      Untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan membuka cakrawala berpikir yang  lebih luas mengenai  disiplin ilmu yang  ditekuni selama ini.
e.       Untuk memperkaya perbendaharaan pengetahuan dan referensi data-data yang dapat digunakan untuk membantu penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan bidang minat yang dipilih.
f.       Untuk melatih mahasiswa berpikir secara praktis dan sistematis dalam menghadapi suatu persoalan dalam bidang tenaga listrik di lapangan yang sebenarnya.
C.    MANFAAT KEGIATAN
Manfaat yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah :
Bagi Perguruan Tinggi
Sebagai tambahan referensi khususnya mengenai Sistem Tenaga Listrik di Indonesia yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan serta  mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang handal dan memiliki pengalaman di bidangnya dan dapat membina kerja sama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan kerja.
Bagi Perusahaan
Hasil analisa dan penelitian yang dilakukan selama Kerja Praktek dapat menjadi bahan masukan bagi pihak Perusahaan untuk menentukan kebijakasanaan Perusahaan di masa yang akan datang khusunya di bidang sistem tenaga listrik.
Bagi Mahasiswa
a.       Mahasiswa dapat menyajikan pengalaman dan data-data yang diperoleh selama Kerja Praktek kedalam sebuah Laporan Kerja Praktek.
b.      Mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan membuka cakrawala berpikir yang  lebih luas mengenai  disiplin ilmu yang  ditekuni selama ini.
c.       Mahasiswa dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman di kerja lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir.
d.      Mahasiswa dapat mengenalkan dan membiasakan diri terhadap suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik, serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja.
e.       Mahasiswa dapat mengetahui secara lebih mendalam gambaran tentang kondisi nyata dunia kerja sehingga nantinya diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat dalam aktivitas dunia kerja yang sebenarnya.
D.    NAMA KEGIATAN           
Kegiatan ini diberi nama “Kerja Praktek di PT. Bukit Asam (Persero) Tbk”.
E.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
a.      Waktu Pelaksanaan
Berdasarkan Kalender akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta Semester Genap tahun ajaran 2010/2011, maka calon peserta mengusulkan untuk melaksanakan Kerja Praktek selama satu setengah bulan, mulai tanggal 24 Januari 2011 hingga 10  Maret 2011. Akan tetapi keputusan yang diambil mengenai jadwal dimulai dan berakhirnya Kerja Praktek ini seluruhnya diberikan kepada pihak PT. Bukit Asam (Persero) Tbk.
b.      Tempat Pelaksanaan
Kerja Praktek akan dilaksanakan di :
Nama Perusahaan        : PT. Bukit Asam (Persero) Tbk.
Alamat Perusahaan      : Jl. Parigi No.1 Tanjung Enim, 31716 Sumatera Selatan
Satuan Kerja                : Unit Perawatan Listrik
F.     PESERTA
Peserta dalam Kerja Praktek ini merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nama                                       : Obil Parulian Siregar
NIM                                        : D400080062
Program Studi                         : Sistem Tenaga Listrik
Semester                                  : 6                   
Tempat,Tanggal Lahir             : Tanjung Enim, 20 Juni 1990
Alamat                                     : BTN Keban Agung Blok J No.18
   Tanjung Enim
G.    JADWAL KEGIATAN
a.      Tahap Pelaksanaan Kerja Praktek
Pelaksanaan Kerja Praktek akan dibagi dalam beberapa tahapan kegiatan antara lain:
a.       Pembuatan proposal Kerja Praktek yang dikonsultasikan dengan dosen pembimbing.
b.      Pelaksanaan kegiatan Kerja Praktek di lapangan.
c.       Pembuatan laporan Kerja Praktek beserta bimbingan laporan.
d.      Penyerahan laporan Kerja Praktek pada pihak PT. Bukit Asam (Persero) Tbk.
e.       Pada proses pelaksanaan Kerja Praktek di lapangan, pihak PT. Bukit Asam (Persero) Tbk mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa, terutama penyerapan pengetahuan aplikatif di Perusahaan.
f.       Setelah Kerja Praktek di lapangan selesai, mahasiswa wajib membuat laporan Kerja Praktek yang dibimbing oleh dosen pembimbing Kerja Praktek. Penilaian Kerja Praktek terdiri dari dua unsur, yaitu penilaian dari pihak Perusahaan tempat Kerja Praktek dilaksanakan dan pihak Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang akan dilakukan oleh seorang dosen penguji.
Setelah mempertimbangkan tahap pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhmmadiyah Surakarta, berikut ini tabel perencanaan Jadwal Pelaksanaan Kerja Praktek sebagai pertimbangan untuk pelaksanaan Kerja Praktek di PT. Bukit Asam (Persero) Tbk.
b.      Rencana Jadwal Pelaksanaan Kerja Praktek
No
Jenis Kegiatan
Januari
Febuari
Maret
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Orientasi Lingkungan Kerja
2
Pengumpulan Data
Pemahaman Cara Kerja Sistem dan Peralatan
3
Analisis Kebutuhan Sistem
4
Penyelesaian Masalah
Kesimpulan dan Pembuatan Laporan
Semua jadwal perencanaan yang dibuat hanya berupa usulan dan masih bersifat sementara. Semua keputusan diserahkan pada kebijakan dari pihak Perusahaan. Namun besar harapan apabila usulan jadwal ini dapat dipertimbangkan.
PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat sebenar-benarnya dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan jelas tentang maksud dan tujuan diadakannya Kerja Praktek di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, besar harapan peserta untuk dapat melaksanakan Kerja Praktek di Perusahaan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua.
Atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang terkait diucapkan terima kasih.
Surakarta,  4 Januari 2011
Atas Nama Peserta Kerja Praktek
ttd
Obil Parulian Siregar
NIM D400080062

2 komentar:

  1. Bang kalau mau kirim proposal kp ke bukit asam ditujukan ke siapa y

    BalasHapus
  2. Bang kalau mau kirim proposal kp ke bukit asam ditujukan ke siapa y

    BalasHapus