DESAIN
MOTOR UNTUK SEPEDA LISTRIK
TUGAS AKHIR
Diajukan Untuk
Melengkapi Tugas Akhir dan Memenuhi Syarat-syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana
Teknik Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro
Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Diajukan oleh:
OBIL PARULIAN
SIREGAR
D 400 080 062
JURUSAN
TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012
ABSTRAKSI
Penelitian
ini bertujuan membuat
motor untuk sepeda listrik menggunakan magnet permanen
dan mengetahui karakteristik hasil output RPM
dari motor tersebut.
Desain
Motor Untuk Sepeda Listrik ini, pada bagian
rotornya menggunakan
magnet permanen sebanyak 3 buah dengan ukuran 6 cm x 2,5 cm x 1,2 cm
dan inti besi sebanyak 3 buah dengan ukuran yang sama dengan magnet
permanen. Pada bagian statornya menggunakan baut baja sebanyak 12 buah dengan jumlah 400 lilitan dan diameter kawat email
0,45 mm. Motor yang digunakan
dalam penelitian ini adalah motor stepper dengan 4 langkah dan telah
terintegrasi dengan generator magnet permanen. Cara kerja motor stepper yaitu
mememanfaatkan gaya tarik magnet, arus yang mengalir pada setiap lilitan hanya
sesaat sehingga bentuk arusnya berupa pulsa. Rotor berputar karena pulsa yang bergantian. Kecepatan putar rotor ditentukan oleh kecepatan
perpindahan pulsa dan sudut putaran sebanding dengan banyaknya pulsa yang
diberikan. Pengujian motor pada saat tanpa beban dan
dibebani roda sepeda serta pully 2,8 kg. Untuk mengatur kecepatan putaran motor
menggunakan potensiometer pada rangkaian pengendali
motor steppernya.
Hasil dari pengukuran tegangan pada sumber (akumulator) adalah
12 volt. Namun tegangan pada terminal adalah 5 volt, tegangan ini adalah
tegangan dari rangkaian pengendali motor steppernya. Arus yang ditarik motor pada saat pengujian hampir
sama, dari catu daya yang disuplai pada saat akumulator dalam kondisi penuh
(full). Pada saat starting kecepatan minimum adalah 2,4 A dan pada saat running
kecepatan maksimum adalah 1,9 A. Pada motor
ini arus mengalami penurunan pada saat RPM berubah-ubah dengan skala tertentu,
semakin tinggi RPM semakin kecil arus yang ditarik oleh motor.
Kata kunci : Magnet Permanen, Motor
Stepper, RPM
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Magnet
merupakan bagian tak terpisahkan dari alat-alat elektronik dan teknik
kelistrikan, karena tidak sedikit konstruksi alat-alat listrik tergantung pada
magnet. Alat-alat listrik yang menggunakan magnet antara lain dinamo listrik
pada sepeda, generator pembangkit tenaga listrik, motor-motor listrik, dan
alat-alat kendali (control) listrik.
Motor
merupakan alat yang dapat menghasilkan putaran, secara umum motor yang
digunakan pada saat ini memerlukan energi listrik untuk menggerakkannya. Motor
listrik tidak akan berputar jika tanpa adanya arus listrik yang mengalirinya
terlebih dahulu. Pada umumnya motor listrik memiliki putaran yang cukup tinggi
sehingga banyak digunakan dalam bidang industri.
Magnet
mempunyai dua kutub yang saling berlawanan yaitu kutub utara dan kutub selatan.
Dua kutub ini saling tarik-menarik jika dua kutub magnet yang berlainan didekatkan
begitupun sebaliknya. Adanya gaya tolak-menolak dan tarik-menarik dari magnet
dapat dimanfaatkan untuk dijadikan motor magnet yang penyalaan (start) awal tanpa memerlukan energi
listrik sehingga akan lebih hemat. Motor dengan magnet permanen ini dalam
jangka waktu lama akan berkurang sifat kemagnetannya. Motor magnet mampu
menghasilkan putaran yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai energi
alternatif ke depannya.
Sepeda
listrik adalah sebuah alat transportasi yang ramah lingkungan, didesain untuk
mengurangi emisi dari kendaraan bahan bakar minyak bisa juga digunakan untuk
sarana rekreasi, fitness dan olah
raga lainnya. Di penelitian ini akan dikembangkan sepeda listrik yang terintegrasi dengan generator
magnet permanen dan motor listrik. Generator sebagai pembangkit listrik yang disuplai
untuk mengisi akumulator dan motor akan menggerakkan putaran dari sumber akumulator
tersebut.
1.2.
Perumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang
dipaparkan sebelumnya, maka rumusan
masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah
:
1.
Bagaimana
merancang motor untuk sepeda listrik menggunakan magnet
permanen.
2.
Bagaimana karakteristik hasil output RPM motor tersebut.
1.3.
Batasan Masalah
Untuk
menghindari persepsi yang salah dan meluasnya pembahasan maka pembatasan
masalah penelitian ini adalah :
1.
Merancang motor untuk sepeda listrik menggunakan magnet permanen.
2.
Memperhitungkan hasil output RPM motor tersebut.
1.4.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang dikaji maka penelitian
ini bertujuan untuk :
1.
Membuat motor
untuk sepeda listrik menggunakan magnet permanen.
2.
Mengetahui
karakteristik hasil output RPM motor
tersebut.
1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat yang
diharapkan pada penulisan
penelitian ini antara lain adalah :
1.
Menambah
pengetahuan pada bidang elektro khususnya konsentrasi sistem tenaga listrik
dalam hal pengembangan generator dan motor listrik menggunakan magnet permanen.
2.
Peneliti
dapat mengetahui cara merancang dan membuat motor untuk
sepeda listrik menggunakan magnet permanen.
3.
Memberikan usulan konkrit energi terbarukan dan alat
transportasi alternatif yang ramah
lingkungan dan dapat mengurangi penggunaan energi bahan bakar.
4.
Dapat digunakan sebagai
referensi untuk pengembangan motor listrik dan aspek-aspek yang terkait.
1.6. Sistematika
Penulisan
Tugas Akhir ini terdiri dari lima bab yang disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB 1 :
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan
masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat yang diharapkan, dan
sistematika penulisan yang digunakan.
BAB 2 :
TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini membahas telaah penelitian dan dasar teori yang berhubungan dengan pembuatan motor untuk sepeda listrik
menggunakan magnet permanen.
BAB 3 :
METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini membahas cara melakukan
analisis dan perancangan, dimulai dari
bahan dan perlengkapan pendukung yang harus disiapkan dan tahap yang harus
dilakukan sampai akhir penelitian.
BAB 4 :
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Memuat
analisis dan pembahasan penelitian
dari hasil pengujian output
RPM motor tersebut.
BAB 5 :
PENUTUP
Bab ini membahas kesimpulan
dan saran untuk menyempurnakan hasil penelitian serta pengujiannya.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
bang saya mau tanya soal tugas akhir ini saya dari politeknik batam, saya bole minta bab iii punya abang
BalasHapusni email saya mmaskun1595@gmail.com
Sorry baru respon mas made
Hapussalam, terima kasih atas artikelnya, benar-benar berguna sekali. diharapkan bisa berguna juga buat yang lain, jangan lupa kunjungi web kita di motor ninja
BalasHapusTerima kasih juga
Hapus