Selasa, 19 Juni 2012

SOLUSI MEMINIMALKAN OUTAGE
(PEMADAMAN LISTRIK)




PENDAHULUAN
Pemadaman listrik adalah sebuah keadaan ketiadaan penyediaan listrik di  sebuah wilayah. Bagi konsumen tenaga listrik, terputusnya penyediaan tenaga  listrik merupakan hal yang mengganggu aktivitas. Gangguan yang terjadi tidak  dikehendaki siapapun. Penyebab teknis dapat berupa kerusakan di stasiun listrik,  kerusakan jaringan kabel atau bagian lain dari sistem distribusi, sebuah sirkuit pendek (korsleting), atau kelebihan muatan.

Penyebab Pemadaman Listrik
Sebab non teknis dan teknis :
Non Teknis
      Petir
      Pepohonan yang menyentuh kabel listrik atau tumbang
      Gempa Bumi
      Pencurian listrik
Sebab Teknis
      Putusnya sekring panel utama
      Adanya pembatasan dari PLN (pemadaman bergilir)
       Beban yang berlebih pada gardu sehingga seluruh distribusi padam
      Kecelakaan

Outage Management System
Fungsi utama dari sebuah OMS :
      Prediksi lokasi sekring atau pemutus yang dibuka pada kegagalan.
   Upaya restorasi memprioritaskan dan pengelolaan sumber daya berdasarkan kriteria seperti lokasi fasilitas darurat, ukuran padam, dan durasi padam.
  Menyediakan informasi mengenai sejauh mana padam dan jumlah pelanggan berdampak pada manajemen, media dan regulator.
      Perhitungan estimasi waktu restorasi.
      Pengelolaan kru membantu restorasi.
      Perhitungan dari kru yang diperlukan untuk restorasi.

Manfaat Outage Management System  
      Mengurangi waktu outage karena pemulihan lebih cepat berdasarkan prediksi lokasi outage.
      Mengurangi durasi rata-rata outage karena memprioritaskan
  Peningkatan kepuasan pelanggan karena meningkatkan kesadaran kemajuan outage restorasi dan menyediakan waktu restorasi diperkirakan.
      Peningkatan hubungan media dengan menyediakan outage yang akurat dan informasi restorasi.
  Kurang  keluhan kepada regulator karena kemampuan untuk memprioritaskan pemulihan fasilitas darurat dan pelanggan penting lainnya.
  Mengurangi frekuensi pemadaman karena penggunaan statistik outage untuk membuat perbaikan keandalan yang ditargetkan.

Ada beberapa isu penting yang harus diingat dalam memilih solusi :
      Menghemat 1 MW energi listrik jauh lebih mudah dan murah dibanding membangkitkannya.
   Setiap daerah diusahakan mandiri dalam pengadaan energi. Jika setiap daerah mandiri maka negaranya juga akan mandiri.
   Sebagai suatu produk, energi listrik harus dihargai berdasarkan kwantitas dan kwalitas, bukan hanya kwantitas seperti saat ini.
      Kompetisi mendorong adanya penghematan dan efisiensi.

Langkah Jangka Pendek
      Mendorong penghematan energi melalui insentif dan peraturan yang lebih nyata.
   Mendorong pengurangan beban puncak dengan memanfaatkan pembangkit cadangan yang banyak dimiliki konsumen.
   Menerapkan regional pricing sehingga mendorong sistem kelistrikan yang lebih adil dan mengurangi subsidi.
      Mendorong munculnya pemain baru yang mampu menjual listrik berdasarkan kwalitas tanpa subsidi.
      Mendorong penggunaan sumber energi terbarukan tidak hanya di daerah terpencil tetapi juga di kota besar yang potensinya besar.
      Membuat sistem insentif yang mendorong munculnya perusahaan-perusahaan yang bersifat green.
   Meningkatkan kesiapan instalasi listrik untuk lebih menjamin kualitas keandalan pasokan listrik ke konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar