Kamis, 26 Juni 2014

Siswa SMK Bukit Asam Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Di SMA Negeri 17 Palembang


SMK BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM – Lima siswa SMK Bukit Asam berhasil menjuarai lomba karya tulis ilmiah tingkat Provinsi Sumatera Selatan di SMA Negeri 17 Palembang.
Adapun ke-lima siswa SMK Bukit Asam tersebut yakni Riskal Kharisandar, Restu Brahim, Hadi Janu Pratomo, Wahyu Pratama dan Wanda Triyandi. Sedangkan judul karya ilmiahnya adalah "Pemanfaatan Magnet Permanen Sebagai Energi Alternatif Untuk Sepeda Penghasil Listrik", ujar Obil Parulian Siregar ST guru pembimbing karya ilmiah tersebut (11/5/2014).
Ditemui di sekolah, guru pembimbing Obil Parulian Siregar ST mengatakan, lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini diadakan pada tanggal 11 Mei 2014 lalu di SMA Negeri 17 Palembang. Awalnya tim SMK Bukit Asam masuk 6 besar dari 12 peserta yang mengikuti. Ketika masuk final tim bertarung dengan sangat ketat dan kami tetap semangat serta kompak. Akhirnya, tim juri menjatuhkan pilihan kepada SMK Bukit Asam menjadi juara pertama.
Penilaian lomba karya ilmiah SMK Bukit Asam unggul dari segi tata cara penulisan sesuai kaidah penelitian, konsep/prinsip berdasarkan hukum ilmu pengetahuan, metode penelitian, analisa yang akurat dan saran pengembangan alat. Adapun hasil lomba karya Ilmiah tersebut, Juara Pertama SMK Bukit Asam dengan score 5200, Juara Kedua SMK Negeri 2 Palembang dengan score 4000 dan Juara Ketiga SMA Negeri 6 Palembang dengan score 3000.


Kedepan ada beberapa rencana yang akan dikembangkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi energi alternatif salah satunya adalah merancang Sepeda Terbang yang bisa menghasilkan listrik. Terang Obil banyak parameter yang harus dihitung gaya dorong, gaya gravitasi, aerodinamika, kecepatan angin.




Kedepan ada beberapa rencana yang akan dikembangkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi energi alternatif salah satunya adalah merancang sepeda terbang yang bisa menghasilkan listrik. Terang obil banyak parameter yang harus dihitung untuk membuatnya, gaya dorong, gaya gravitasi, aerodinamika, kecepatan angin.




Kedepan ada beberapa rencana yang akan dilakukan SMK Bukit Asam untuk pengembangan ilmu dan inovasi energi alternatif. Salah satunya adalah akan merancang “Sepeda Terbang Yang Bisa Menghasilkan Listrik” sebagai pengembangan dari karya ilmiah sebelumnya. Mudah-mudahan dengan pengembangan tersebut bisa membawa SMK Bukit Asam ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
Sedangkan menurut Ketua Tim Karya Ilmiah SMK Bukit Asam, siswa yang bernama Riskal Kharisandar dengan mengikuti kegiatan lomba karya tulis ilmiah tersebut dapat menjadi motivasi seluruh siswa SMK Bukit Asam untuk memacu diri dan menjadi contoh teman-temannya di sekolah. Mudah-mudahan prestasi ini mendongkrak nama baik sekolah, dan untuk berkarya dengan karya ilmiah lain yang bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri, sekolah, bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar